Microsoft Mulai Manfaatkan Blockchain Untuk Atasi Konten Bajakan

Logo Microsoft (Image Credit : Microsoft)
Logo Microsoft (Image Credit : Microsoft)

BALUARTI.COM - Problematika yang dari dulu menghantui dunia digital yakni Pembajakan konten akhirnya mulai dilirik dan menjadi permasalahan serius yang harus diatasi bagi Microsoft. Untuk mengatasi hal tersebut Microsoft akan memanfaatkan sebuah teknologi terbaru untuk mengatasi permasalahan yang tidak ada habisnya ini.

Sebagai salah satu anggota dari Business Software Alliance (BSA), Microsoft memanfaatkan otoritasnya untuk mengatasi pelanggaran hak cipta atau pembajakan konten. Melalui BSA yang sangat anti terhadap pembajakan ini, orang-orang yang berkontribusi akan mendapatkan hadiah untuk setiap laporan yang dilakukan. Namun, kali ini giliran Microsoft yang menawarkan solusi untuk mengatasi hal tersebut.


Microsoft Argus (Image Credit : Microsoft)

Untuk mengatasinya, MIcrosoft didukung oleh informasi yang diterbitkan oleh Microsoft Research Department yang menyinggung teknologi terbarunya, yakni Argus. Informasi tersebut akan memuat semua informasi secara terperinci mengenai teknologi Argus yang digadang-gadangkan akan mengatasi pembajakan.

Microsoft Argus merupakan sebuah teknologi blockchain berbasis Ethereum yang akan memberikan bounty (hadiah) kepada orang-orang yang secara anonim melaporkan pembajakan konten. Dengan adanya Argus, konten bajakan akan dapat ditelusuri sampai ke akarnya menggunakan kode rahasia yang dilindungi dengan watermark khusus.

Argus juga merupakan sebuah teknologi open-system yang dimana sangat bergantung pada teknologi blockchain. Meskipun Argus merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft, namun masih terdapat permasalahan lainnya yang belum dipecahkan oleh Microsoft. Saat ini, masih belum jelas bagaimana rencana Microsoft ke depannya terkait penerapan teknologi Argus ini terhadap pembajakan yang terjadi hingga saat ini.

Microsoft berencana akan mempresentasikan konsep Argus dan juga sistemnya di simposium internasional ke-40, dan dijadwalkan diselenggarakan pada akhir September 2021.

 

TAG

Microsoft