Monyet Ini Bisa Bermain Game Setelah Dipasangi Chip Oleh Elon Musk

Neuralink buatan Elon Musk (Image Credit : Neuralink)
Neuralink buatan Elon Musk (Image Credit : Neuralink)

Sebuah perusahaan neuroteknologi, Neuralink yang didirikan oleh Elon Musk, berhasil membuat seekor monyet makaka bermain game Pong pada komputer dengan cara telepati.

Sebuah video yang di unggah di akun Youtube Neuralink memperlihatkan seekor monyet yang bernama Pager bermain game Pong di komputer langsung melalui otaknya, dan tanpa menggerakan anggota tubuh.

Chip Neuralink yang ditanamkan di otaknya, Pager bisa mengendalikan permainan di komputer secara nirkabel. Game itu dimainkan dan dikendalikan langsung dengan otaknya layaknya telepati.

"Monyet ini benar-benar bermain video game secara telepatis menggunakan sebuah chip di otak," tulis Musk di Twitter.

Awalnya, monyet berusia 9 tahun ini diajari bermain game Pong dengan Joystick untuk menggerakan kursor pada komputer, dan sebagai hadiah jika ia berhasil, Pager akan diberi Jus Pisang.

Musk menjelaskan bahwa di otak Pager telah dipasangi perangkat bernama ‘Link’. Perangkat tersebut memiliki lebih dari 2000 kabel kecil yang tersambung dengan korteks motoric pada otak, yang berfungsi untuk merekam aktivitas neuron otak monyet tersebut saat bermain game.

Data-data yang direkam tersebut kemudian dikirim ke sebuah decoder algoritma, kemudian memprediksi pergerakan tangan Pager secara langsung. Setelah dikalibrasi, Pager akan mampu menggunakannya untuk menggerakan kursor hanya dengan menggunakan otaknya.

Selain digunakan pada anak monyet, Neuralink juga pernah menguji teknologinya ini pada tiga ekor babi pada Agustus 2020 lalu. Perusahaan itu berharap nantinya teknologi buatannya dapat digunakan untuk manusia. Hal ini dinilai bisa membantu mereka yang lumpuh dalam mengoperasikan sebuah komputer menggunakan otaknya secara langsung.

TAG

Elon Musk