Oppo A16 Varian 4/64GB Telat Hadir Karena Terkait Kelangkaan Chip?

Oppo A16 (Image Credit : Oppo)
Oppo A16 (Image Credit : Oppo)

BALUARTI.COM - Saat pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 2021 lalu, Oppo A16 hanya dijual dalam satu varian memori RAM dan penyimpanan saja, yaitu RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal 32GB dengan harga Rp 2 juta. Setelah kurang lebih dua bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 23 September 2021, Oppo akhhirnya kembali merilis Oppo A16 untuk varian memori yang leibh besar, yaitu RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Harga yang ditawarkan untuk Oppo 16 varian 4/64 ini sekitar Rp 2,5 juta. Banyak yang berspekulasi baha kehadiran Oppo A16 versi RAM 4 GB mengalami penundaan karena terkait dengan kelangkaan chip yang saat ini tengah melanda dunia.


Oppo A16 (Image Credit : oppo.com)

Menjawab pertanyaan tersebut, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa perilisan Oppo A16 varian 4/64 GB yang telah hadir ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kendala pasokan komponen termasuk chip.

Aryo juga mengungkapkan jika perilisan Oppo A16 versi 4/64 yang baru dilakukan belakangan ini justru karena kinerja penjualan Oppo A16 versi 3/32 GB. Sejak diluncurkan pada Juli 2021 lalu, Aryo mengatakan bahwa Oppo A16 versi 3/32GB di Indonesia mencatatkan angka penjualan yang terus naik secara konstan, maka dari itu Oppo menghadirkan varian lain dari seri itu.

"Penjualan yang tergolong baik ini membuat kami berpikir untuk segera merilis Oppo A16 4GB /64 GB di Indonesia," kata Aryo, dihimpun KompasTekno. Di samping itu, waktu peluncuran dan pemasaran untuk Oppo A16 versi RAM 4/64 di Indonesia ini juga disebut sesuai dengan jadwal yang sebelumnya ditetapkan oleh perusahaan sejak awal.

Kelangkaan chip yang melanda dunia saat ini diketahui berdampak pada sejumlah pabrikan smartphone, Xiaomi misalnya yang menghentikan penjualan smartphone Redmi Note 10 di Indonesia karena terkait masalah tersebut. Sementara itu Samsung juga ikur kena imbasnya, saat ini peprusahaan asal Korea Selatan itu tidak menghadirkan smartphone seri Galaxy Note nya untuk tahun ini,

Aryo mengatakkan bahwa Oppo seri A saat ini menjadi salah satu andalan Oppo di pasar Indonesia, khususnya di pasar smartphone segmen entry level.

Di samping itu, seri A yang masuk ke segmen kelas menengah seperti Oppo A74 dan A74 5G juga menunjukkan performa penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Menurut Aryo, Oppo seri A3s dan A5 menjadi ponsel terlaris Oppo di segmen entry level pada tahun 2020 lalu.

Di tahun ini, predikat smartphone terlaris itu disandang oleh Oppo A15, A15s, dan A16. Smartphone Oppo di segmen menengah juga mengalami pergeseran serupa. Tahun lalu, smartphone terlarisnya adalah Oppo A9 2020, A91, dan A92, kini posisi model-model tersebut  sudah digantikan oleh Oppo A53 dan A74.

TAG

SmartphoneAndroidOppo