Pencipta Xbox Meminta Maaf Ke AMD, Kenapa?

Logo Xbox (Image Credit : Xbox)
Logo Xbox (Image Credit : Xbox)

Pencipta Xbox Meminta Maaf Ke AMD, Kenapa?

BALUARTI.COM - Pencipta Xbox generasi pertama, Seamus Blackley meminta maaf ke CEO AMD, Lisa Su dan para engineer-nya melalui akun Twitter resminya.

Permintaan maaf ini diutarakan Blackley atas keputusan Microsoft bertahun-tahun lalu, atau lebih tepatnya saat mereka merilis Xbox generasi pertama pada tanggal 15 November 2001. Keputusan yang dimaksud adalah saat mereka melakukan pembatalan terhadap pemakaian chip AMD di Xbox generasi pertama, yang kemudian menggunakan chip dari Intel.

Melalui akun Twitter-nya, Blackley menjelaskan alasan perubahan keputusan tersebut adalah akibat dari pembicaraan via telepon antara Bill Gates, CEO Microsoft saat itu dan Andy Grove selaku CEO Intel saat itu.

Perubahan penggunaan dari chip AMD ke Intel Pentium III kala itu pun menjadi kejutan bagi Blackley dan anggota timnya di Xbox. Selain itu juga tentunya menjadi kejutan bagi para engineer AMD yang menonton di deretan depan saat peluncuran Xbox, menunggu produk akhir yang mereka kerjakan bersama.

"Saya berdiri di atas panggung untuk pengumuman tersebut bersama Bill Gates, dan mereka (engineer AMD) juga ada di sana di barisan depan terlihat sangat sedih. Saya tak akan pernah melupakannya (momen tersebut). Mereka sangat banyak membantu membuat prototipe. Prototipe yang benar-benar menggunakan hardware AMD saat peluncuran," tulis Blackley di akun Twitter pribadinya.

Menurut Blackley, alasan peralihan penggunaan chip tersebut bukan soal engineering maupun finansial, tetapi lebih kepada hubungan baik dengan Intel.

"Saya sangat yakin. Ini murni persoalan politik," pungkasnya

MEskipun begitu, AMD tidak dendam, karena Xbox akhirnya menggunakan chip dari AMD yang juga digunakan di konsol generasi selanjutnya. Bahkan, di Xbox terbaru saat ini yakni Series X dan Series S pun chip yang digunakan buatan AMD.

TAG

XboxAMD