Resmi Merger, Gojek Dan Tokopedia Kini Menjadi GoTo

Ilustrasi Gojek. (Image Credit : Gojek)
Ilustrasi Gojek. (Image Credit : Gojek)

BALUARTI.COM - Akhirnya, Perusahaan Raksasa Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan kini menjadi GoTo. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya lewat akun Facebook pribadi miliknya.

Menurut William, nama GoTo sendiri diambil dari kedua perusahaan tersebut yaitu "Gojek" dan "Tokopedia", selain itu, nama GoTo juga melambangkan semangat gotong royong yang melandasi penggabungan antar keduanya.

"Gabungan antara Gojek dan Tokopedia dengan kekuatan visi dan misi yang begitu kuat akan benar-benar mampu mendorong kemajuan bangsa," ujar Wlliam.

Selain itu, baik dari pihak Gojek maupun Tokopedia, mereka sama-sama mengunggah video berisi pengumuman merger pada akun YouTube resmi masing-masing.

CEO Group GoTo akan dipegang oleh Andre Soelistyo dari Gojek, sedangkan dari pihak Tokopedia, Patrick Cao yang sebelumnya merupakan Presiden Tokopedia akan menjabat sebagai Presiden GoTo. Andre juga akan tetap memimpin dan meneruskan sistem pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial.  GoTo Financial tentunya akan mencakup layanan GoPay dan layanan keuangan lainnya.

Sementara itu, Kepemimpinan sebagai CEO Gojek akan tetap dipegang oleh Kevin Aluwi, juga sama hal nya dengan dengan William yang akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Menurut pihak GoTo, per Desember 2020, mereka telah memiliki lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant), lebih dari 2 juta mitra driver, dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan pada aplikasi mereka, serta telah berkontribusi 2 persen terhadap total PDB di Indonesia.

Grup GoTo juga telah disokong oleh sejumlah investor besar dari dalam maupun luar negeri, termasuk Astra International, Alibaba, Visa, Facebook, Google, KKR, Telkomsel, serta Tencent dan Temasek.


TAG

FacebookGoogleTelkom IndonesiaGojek