Rumor: AMD Kembangkan Prosesor Terbaru Bernama Zen 3 3D V-Cache

Logo AMD (Image Credit : AMD)
Logo AMD (Image Credit : AMD)

BALUARTI.COM – Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat Intel akan merilis prosesor Alder Lake sebagai Generasi Ke-12. Seakan tidak ingin kalah dengan pesaingnya, AMD kini dikabarkan tengah mempersiapkan prosesor Zen 3 3D V-Cache yang rencananya sedang dalam tahap pengembangan. Prosesor tersebut bahkan digadang-gadangkan akan mampu bersaing dengan  Intel Generasi Ke-12 Alder Lake untuk sektor gaming.

Berdasarkan cuitan dari seorang leaker bernama Greymon55, prosesor AMD dengan teknologi terbaru tersebut baru akan mulai diproduksi secara masal pada bulan depan. Sedangkan untuk prosesor AMD Ryzen dengan B2 Stepping akan segera mendarat dan siap untuk dibeli pada akhir tahun 2021 ini.

Berbicara mengenai ‘refresh’nya, AMD Ryzen B2 Stepping tidak akanmenawarkan perubahan dramatis, namun dikatakan mampu menawarkan stabilitas yang lebih baik. Besar kemungkinan bahwa pengguna yang menggunakan B2 Stepping maupun tidak akan dapat melihat perbedaan secara signifikan pada prosesor baru tersebut.

Selain itu, AMD pun mengkonfirmasi bahwa Zen 3 3D V-Cache akan hadir untuk platform AM4. Prosesor terbaru dari kubu merah ini dikatakan akan mampu untuk menjawab tantangan dari kubu biru yakni Intel dengan Alder Lake miliknya. Selain itu, dikabarkan juga bahwa terdapat peningkatan sekitar 15% pada sektor gaming.

Rencananya, prosesor yang menawarkan teknologi terbaru ini akan hadir pada kuartal pertama tahun 2022. Semua ini sesuai dengan cuitan yang dibagikan oleh Greymon55, yang di mana ia mengatakan bahwa AMD memang akan mulai memproduksi prosesor ini bulan depan.

Selain menawarkan teknologi terbaru yang semakin disempurnakan, besar kemungkinan pula AMD untuk memberikan potongan harga untuk jajaran Zen 3 saat ini. Langkah ini dilakukan perusahaan untuk dapat bersaing dengan Intel.

Di lain sisi, Intel seolah menantang AMD dengan menjadi yang pertama menawarkan DDR5 dan PCIe 5.0, meskipun dengan sejumlah ‘premium’. Kubu merah juga menjawab semua tantangan tersebut dan akan merilis prosesor Zen 4 Raphael yang dikabarkan akan rilis pada kuartal akhir tahun 2022.

TAG

IntelAMD