Samsung Dikabarkan Akan Garap Laptop Layar Lipat Pertamanya

Laptop Samsung RTX 3050 (Image Credit : Samsung)
Laptop Samsung RTX 3050 (Image Credit : Samsung)

BALUARTI.COM - Sukses dengan ponsel lipatnya seperti Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 yang belum lama ini diluncurkan pada Agustus 2021 kemarin, Samsung tampaknya mulai melebarkan sayapnya dengan memperluas teknologi yang dikembangkannya yakni layar yang dapat dilipat ke segmen laptop.


Ilustrasi laptop lipat Samsung (Image Credit : https://www.xda-developers.com/)

Spekulasi ini berasal dari laporan terbaru yang menyebutkan bahwa Samsung saat ini tengah menggarap laptop foldable yang disinyalir akan bernama Samsung Galaxy Book Fold 17, dan dikatakan bahwa perangkat ini akan diperkenalkan perusahaan sebagai konsep pada acara SID 2021.

Laporan tersebut berasal dari seorang leaker dengan nama akun Twitter @UniverseIce, ia mengonfirmasi Galaxy Book Fold 17 untuk perangkat yang akan datang. Meskipun begitu, tetapi informasi detail terkait bocoran spesifikasi dari laptop foldable Samsung tersebut masih tersembunyi.

Namun, bocoran lain juga mengatakan bahwa laptop ini kemungkinan besar akan mengusung layar lipat seluas 17 inci, dengan desain bezel yang sangat tipis di sekitar layar, dan akan menggunakan Under-Display Camera (UDC) atau kamera dibawah layar.

Jika berbicara mengenai laptop dengan layar lipat, sebenarnya Lenovo sudah terlebih dahulu menjadi brand pertama yang menghadirkan laptop dengan konsep foldable dengan menghadirkan ThinkPad X1 Fold yang dirilis tahun lalu. Lenovo ThinkPad X1 Fold telah menggunakan layar OLED lipat seluas 13,3 inci dengan resolusi layar 2048 x 1536 piksel.

Selain itu, laptop lipat Lenovo itu ditenagai dengan prosesor Intel Core i5-L16G7 (5 inti CPU, 5 threads) dengan kecepatan clock hingga 1,4 GHz (base) dan 3,0 GHz (boost), dipadukan dengan RAM (LPDDR4X 4.267 Mhz) sebesar 8GB dan SSD hingga 1 TB.

Meski bukan menjadi yang pertama, jika informasi tersebut benar maka Samsung akan segera memperkenalkan Galaxy Book Fold 17, tak menutup kemungkinan juga bahwa laptop foldable Samsung ini akan mengalahkan performa dan eksistensi dari brand Lenovo yang menghadirkan ThinkPad X1 Fold, yang disebut-sebut sebagai laptop layar lipat pertama di dunia. Mengingat keberhasilan Samsung terkait penjualan smartphone anyarnya yakni Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3

TAG

SamsungLaptop