Samsung Galaxy S21 FE Dijadwalkan Hadir Tahun Ini?

Samsung Galaxy S21 FE (Image Credit : Samsung)
Samsung Galaxy S21 FE (Image Credit : Samsung)

BALUARTI.COM - Saat ini, telah banyak rumor yang beredar seputar Samsung Galaxy S21. Beredar informasi yang menyebutkan bahwa smartphone tersebut  akan muncul musim gugur tahun ini.

Bocoran terbaru terkait waktu peluncuran Galaxy S21 FE diperkirakan akan tiba pada saat yang sama dengan perilisan Samsung Galaxy S22, yaitu bulan Desember atau Januari tahun depan. Padahal, jika merujuk pada generasi sebelumnya yakni Galaxy S20 FE, yang diuncurkan sekitar bulan September 2020.

Bocoran terbaru mengungkapkan alasan mengapa Samsung Galaxy S21 FE dan Galaxy S22 dirilis secara bersamaan. Dalam laporan yang dibagikan oleh salah seorang leaker Bernama Max Jambor, ia mengatakan penundaan rilis Galaxy S21 FE disebabkan karena jumlah unit yang terbatas.


Samsung Galaxy S21 FE (Image Credit : infokomputer.grid.id)

Jambor menyebut jika perusahaan asal Korea Selatan itu hanya akan memproduksi sekitar 10 ribu  unit Galaxy S21 FE. Dengan begitu, angka tersebut dikatakan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan produksi Galaxy S21 versi reguler.

Selain itu, kelangkaan chipset juga disebut-sebut menjadi faktor utama tertundanya seri smartphone yang satu ini.

Laporan sebelumnya meyebutkan bahwa Samsung Galaxy S21 FE sempat dirumorkan akan ditunda bahkan ada yang mengatakan akan dibatalkan peluncurannya. Berdasarkan laporan tersebut, seorang pejabat Samsung Electronics mengatakan bahwa perusahaan telah membatalkan acara Unpacked Galaxy S21 Fan Edition (FE) yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada pertengahan bulan Oktober 2021.

Selain iti, ia juga mengungkap bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk tidak merilis S21 FE. Kendati demikian, ada juga laporan baru yang mengungkapkan bahwa pembatalan peluncuran Samsung Galaxy S21 FE hanya berlaku di negara Korea Selatan saja.

Selain laporan terkahir waktu peluncuran Galaxy S21 FE, terdapat juga laporan yang menyebutkan spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE, disana menyebutkan bahwa chipset yang digunakan adalah Samsung Exynos 2100. Chipset Exynos 2100 sendiri dibangun di atas node proses 7nm TSMC, dan memiliki fitur 1x ARM Cortex-A78 core dengan clock 3GHz, 3x Cortex-A78 core dengan clock 2.8GHz dan 4x Cortex-A55 core dengan clock 2.2GHz, dan dipasangkan dengan GPU Mali G78.

Selain itu, smartphone anyar dan terbaru besutan Samsung tesebut disinyalir akan menggunakan RAM sebesar 8GB, dan sudah menjalankan Android 11. Smartphone ini juga diharapkan akan menjalankan antarmuka buatan Samsung OneUI 3.0.

Dari segi desain, Galaxy S21 FE akan mengusung layar panel AMOLED seluas 6,4inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2009 piksel) dengan kerapatan layar 480 ppi, dan kecepatan refresh 120Hz.. Selain itu dikatakan juga bahwa Galaxy S21 FE akan memiliki layar tanpa bingkai dengan lubang punch di tengah.

S21 FE diprediksi akan hadir dalam dua varian spesifikasi, yaitu dengan chipset Snapdragon 888+ dan Exynos 2100.

TAG

SamsungSamsung Galaxy S21 FE