Samsung Hadirkan Inovasi Kunci Mobil Digital Pada Smartphone

Logo Samsung (Image Credit : Samsung)
Logo Samsung (Image Credit : Samsung)

BALUARTI.COM - Samsung saat ini dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah produsen mobil untuk membahas fungsionalitas kunci digital mobil ke dalam smartphone. Hal ini diungkap pada bulan Januari lalu saat peluncuran Samsung Galaxy S21. KIni tampaknya kemitraan yang telah direncanakan itu telah berhasil direalisasi, karena smartphone Samsung dengan menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB) kini dapat berfungsi sebagai kunci mobil digital.

Beberapa smartphone yang sudah dibekali teknologi UWB diantaranya Galaxy S21 Plus, S21 Ultra, Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Fold2, dan Galaxy Note 20 Ultra. Sebagai permulaan, kunci digital smartphone dengan menggunakan teknologi itu hanya akan bekerja pada mobil listrik murni Genesis GV60.

Samsung menjanjikan Passive Entry”, artinya dapat digunakan untuk mengunci dan membuka pintu mobil tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku maupun tas. Dengan keberadaan ponsel yang tak terlalu jauh dengan mobil, memungkinkan penggunanya dapat menghidupkan mesin mobil dan menyesuaikan spion, kursi dan yang lainnya.

Kunci digital ini tersimpan dalam Samsung Pass yang telah terproteksi oleh “embedded Secure Element (eSE)” dengan begitu menurut Samsung ini bisa dibuat berbagi dengan setiap orang yang menjalankan OS Android 11 dengan aplikasi yang sama diunduh di dalamnya. Samsung juga telah memiliki kemitraan dengan sejumlah perusahaan mobil seperti BMW, Audi, dan Ford. Kedepannya, merek-merek mobil tersebut diharapkan segera menyediakan dukungan seperti apa sudah dimulai oleh Genesis.

Teknologi UWB tampaknya kini telah mengubah permainan pada industri teknologi, mengingat aplikasi tersbeut berkembang ke berbagai bidang, mulai dari smart tag, smartphone, bahkan smart home.

Teknologi ini pada dasarnya merupakan protokol komunikasi nirkabel jarak pendek dengan menggunakan gelombang radio untuk konektivitas, mirip Bluetooth dan juga Wi-Fi.

Bedanya, UWB menghadirkan pilihan konektivitas dan presisi yang lebih besar pada smartphone dan perangkat lainnya yang menggunakan teknologi tersebut, tentunya ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Bluetooth dan Wi-Fi.

Samsung saat ini menggunakan teknologi UWB dan NFC untuk dua fitur utama pada ponselnya, yaitu kunci mobil digital dan Galaxy SmartTag. Samsung juga menghadirkan paralel dengan Apple yang juga memperkenalkan kunci mobil digital yang dihadirkan pada chip U1 bersama dengan iOS 14.

TAG

SamsungMobil Listrik