Sejumlah Pengguna MacOS Monterey Keluhkan Mac-nya Mati Total

Macbook Pro 2021 (Image Credit : Twitter.com/MKBHD)
Macbook Pro 2021 (Image Credit : Twitter.com/MKBHD)

BALUARTI.COM - Sistem operasi terbaru yakni MacOS Monterey yang baru dirilis minggu lalu ternyata menimbulkan masalah di sejumlah komputer Mac model lama. Beberapa pengguna melaporkan bahwa perangkatnya tidak dapat digunakan, bahkan tidak dapat menyala sama sekali.

Keterangan dari pengguna tersebut menyebar di media sosial. Para pengguna menyebut bahwa perangkat Mac milik mereka mengalami gangguan setelah melakukan pembaruan ke macOS Monterey.

Ini bukan merupakan hal baru, tahun lalu saat peluncuran macOS Big Sur laporan serupa juga muncul.

Sejumlah pengguna saat itu mengeluhkan pembaruan sistem operasi yang merusak model MacBook Pro yang lebih lama. Kini, tidak sampai satu tahun sejak kejadian tersebut, masalah serupa tampaknya terjadi lagi.


MacOS Menterey (Image Credit : Apple)

Keluhan para pengguna Mac di forum Support Communities Apple menyebut ketika mereka mencoba memperbarui Mac mereka ke macOS Monterey layar Mac mereka menjadi hitam dan tidak dapat menyalakannya sama sekali.

Bahkan, satu salah satu postingan mencakup beberapa komentar dari pengguna yang juga mendapatkan masalah serupa.

Kemudian, sebuah komentar pada postingan di situs Reddit mengatakan bahwa pembaruan macOS Monterey ini merusak iMac 2017 miliknya, dan kemudia ia menyatakan bahwa "Macnya mati."

Apple menyebut bahwa pengguna mungkin perlu menghidupkan kembali atau memulihkan firmware pada perangkat vMac mereka.

"Dalam kondisi yang sangat jarang, seperti kegagalan daya selama pembaruan atau pemutakhiran macOS, Mac mungkin menjadi tidak responsif sehingga firmware harus dihidupkan kembali atau dipulihkan," kata Apple dalam dokumen dukungan.

Melansir Macrumors, semua laporan pengguna menunjukkan bahwa masalah tersebut telah memengaruhi model MacBook Pro, Mac mini, dan iMac yang lebih lama.

Komputer yang lebih baru seperti Mac berbasis silikon Apple tampaknya tidak mengalami masalah, setidaknya menurut sejumlah laporan yang muncul terkait keluhan ini.

Meski ini merupakan masalah yang serupa dengan versi lalu (Big Sur), namun para pengguna tetap menganggap masalah tersebut penting.

Bahkan ada kemungkinan lebih banyak pengguna melaporkan pengalaman mereka terkait masalah pada Mac mereka yang disebabkan oleh macOS Monterey.

Apple saat ini dikabarkan tengah menguji macOS 12.1, namun sistem operasi ini diperkirakan tidak akan dirilis setidaknya dalam beberapa pekan lagi.

MacOS Monterey saat ini masih berada dalam versi awal, dan dalam fase ini kerap terjadi ketidakstabilan hingga beberapa pembaruan dirilis nantinya.

TAG

AppleMacbook