Selain Instagram, Facebook Kini Miliki Fitur Reels

Facebook HQ (Image Credit : www.flickr.com/eston)
Facebook HQ (Image Credit : www.flickr.com/eston)

BALUARTI.COM - Reels, atau fitur Pada Instagram yang serupa dengan aplikasi TikTok tersebut kini hadir di Facebook. Fitur Reels tersebut mulai diperkenalkan di Facebook secara resmi mulai tanggal 30 September 2021.

Dengan hadirnya fitur tersebut, kini pada aplikasi Facebook terdapat perubahan dari segi tampilannya, dan pengguna bisa membuat konten Reels langsung dari aplikasi Facebook dan aplikasi tersebut juga akan merekomendasikan video pendek pada semua news feed pengguna.

Facebook telah menguji beragam cara untuk mengeluarkan Reels dari Instagram untuk sementara waktu, dan mulai menguji fitur tersebut pada bulan lalu.

Saat ini, Facebook juga menguji fitur yang memungkinkan kreator Reels di Instagram untuk mempromosikan video mereka pada news feed Facebook secara langsung.

Reels saat ini semakin menjadi penting bagi Facebook dan mereka berupaya untuk menantang TikTok yang lebih dulu menghadirkan fitur video pendek tersebut. Facebook juga terus menambahkan berbagai fitur ke dalam Reels dan berusaha memikat para konten kreator dengan janji pembayaran jika mencapai tonggak tertentu.

The Wall Street Journal melaporkan sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa Facebook telah berjuang untuk mendorong para remaja dan pengguna yang lebih muda untuk memposting konten asli dari Reels, bukan postingan ulang dari aplikasi lain.

Secara internal, Facebook dikabarkan khawatir akan pengaruh TikTok yang di mana remaja menghabiskan lebih banyak waktu mereka di TikTok daripada aplikasi Facebook.

Mempromosikan fitur Reels pada aplikasi utama Facebook yang sudah tidak terlalu populer di kalangan remaja saat ini mungkin memang bukan cara yang paling langsung untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Akan tetapi, mendapatkan lebih banyak perhatian pada Reels pengguna tentu akan membantu fitur tersebut bisa lebih berkembang lagi, bahkan jika pengguna teratasnya tidak menghabiskan banyak waktu di Facebook itu sendiri.

TAG

Facebook