Seluruh Pengguna Kini Bisa Menikmati Google Workspace Secara Gratis

Ilustrasi Google Meet (Image Credit : Techradar.com)
Ilustrasi Google Meet (Image Credit : Techradar.com)

BALUARTI.COM - Google baru-baru ini telah menggratiskan berbagai fitur Workspace untuk semua pengguna. Sebelumnya, Google Workspace (G Suite) hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan saja.

Secara tampilan, Google Workspace tidak banyak berbeda dari versi berbayar, hanya saja pada versi berbayar Google menambahkan fitur tambahan seperti fitur untuk menampilkan Google Docs, Slide, Sheet, atau ketika sedang melakukan panggilan Google Meet.

Fitur lain, yakni dapat menyebut (@-mention) pengguna lain ke dalam tugas tertentu sehingga memudahkan pengguna memberikan saran pada email atau dokumen kepada orang tertentu.

Dari semua fitur tersebut, kini Google telah memberikannya kepada seluruh pengguna secara gratis. Meski demikian, Google masih menyediakan versi berbayar dengan menawarkan fitur premium lain. Fitur premium itu yakni seperti panggilan video profesional, layanan booking cerdas, email marketing yang bisa dipersonalisasi, dan fitur lainnya.

Pembaruan lain yakni Google Chat yang sebelumnya merupakan Google Hangouts.

Fitur chat baru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video, dengan 2/3 bagian layar dapat digunakan untuk membuka Google Docs dan mengedit bersama sebuah dokumen. Google juga tekah memberikan opsi untuk pengguna agar dapat menampilkan percakapan, File atau Tasks.

Google juga telah memperbarui fitur room dan mengubah namanya menjadi Spaces. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengorganisasikan chat berdasarkan topik atau divisi tertentu, mirip dengan Slack.

Selain itu dalam ruang chat juga bisa membagikan file dan dokumen yang khusus ditujukan untuk orang-orang yang ada pada divisi khusus.

TAG

GoogleGoogle Meet