Seri Terbaru CPU AMD Ryzen Akan DIbekali iGPU

Logo AMD (Image Credit : AMD)
Logo AMD (Image Credit : AMD)

BALUARTI.COM - Baru-baru ini, sebuah kabar beredar mengatakan bahwa CPU AMD Ryzen yang akan hadir kedepannya akan dibekali dengan GPU terintegrasi layaknya seri APU. Prosesor dengan arsitektur Zen 4 tersebut akan menjadi CPU pertama dalam sejarah lini produk AMD Ryzen yang tidak menghadirkan GPU integrasi.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa GPU terintegrasi tidak akan lagi hadir eksklusif untuk lini produk APU Ryzen G.

Berdasarkan laporan dari VideoCardz, informasi leak tersebut berhasil didapat melalui peretasan terhadap salah salah satu situr vendor terkemuka, yakni Gigabyte. Informasi tersebut berisi kompabilitas terbaru untuk prosesor dengan soket AM5 yang merupakan AMD Ryzen generasi terbaru yang dirilis oleh ChipsAndCheese.

Setidaknya, terdapat tiga jenis prosesor AM5 yang semuanya berdasarkan arsitektur Zen 4, yang dilengkapi dengan GPU terintegrasi. Informasi tersebut juga memberitahukan bahwa CPU AMD akan mulai menjual prosesor dengan GPU khusus yang dinonaktifkan.

Termasuk juga prosesor yang memiliki kegagalan fabrikasi atau pemosisian produk akan tetap dijual sebagai prosesor yang membutuhkan GPU diskrit. Meski begitu, prosesor teranyar besutan AMD ini dikabarkan bisa menangani bandwidth yang lebih baik, sehingga pemrosesan menjadi lebih cepat.

Saat ini, AMD sedang memperbarui APU Zen 3-nya dengan menggunakan GPU Navi 2. Prosesor dengan GPU terintegrasi ini rencananya akan mulai menyasar pasar smartphone, namun tidak menutup kemungkinan juga akan diluncurkan untuk PC. Dari informasi tersebut juga dapat disinggung bahwa APU teranyar AMD juga akan diterapkan pada soket AM4 atau AM5.


AM5 (Image Credit : kotakgame.com)

Pada gambar chart kompabilitas di atas, tertera dengan jelas bahwa prosesor tersebut akan mengacu pada Family 19H yang merupakan mikroarsitektur Zen 4. Dengan kata lain, prosesor terbaru tersebut bukanlah Rembrandt, melainkan penerusnya dengan codename Phoenix.

TAG

AMD