Smartphone Android Kamu Cepat Panas? Lakukan Hal Ini!

Ilustrasi saat mengisi daya baterai atau charge handphone (Image Credit : Clayton Majona dari Pixabay)
Ilustrasi saat mengisi daya baterai atau charge handphone (Image Credit : Clayton Majona dari Pixabay)

BALUARTI.COM - Overheating atau panas yang berlebih menjadi masalah yang kerap kali ditemukan pada hp Android.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu dilakukan untuk mendinginkan smartphone kamu yang terlalu panas dengan cepat, salah satunya seperti melepas case yang mungkin menjadi penyebab utama panas ponsel menjadi terperangkap.


Smartphone Android Overheat (Image Credit : iteachandroid.com)

Setelah melepaskan casing, kamu juga disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat untuk menonaktifkan fitur yang menguras baterai seperti radio nirkabel, Bluetooth, dan Wi-Fi dan pencarian sinyal seluler.

Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilakukan, yaitu jangan masukan smartphone kamu ke dalam lemari es atau lemari pendingin. Memasukkan smartphone ke dalam freezer sama saja dengan memberikan smartphone kamu ke rentang suhu yang sangat berbeda secara tiba-tiba. Hal tersebut justru dapat menyebabkan layar retak dan sistem mengalami masalah.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu smartphone kamu menjadi dingin speerti semula:

1. Gunakan lebih sedikit daya

Mode Penghemat Baterai pada smartphone mengurangi jumlah daya yang akan digunakan dan juga membantu menghemat masa pakai baterai smartphone.

2. Lepas case

Case atau pelindung smartphone bisa menyadi penyebab insulasi atau pengekang panas, hal ini menyebabkan penumpukan panas. Maka dari itu, lepaskan case untuk membiarkan smartphone menjadi dingin.

3. Instal aplikasi pembersih sampah

File sampah yang belum terhapus secara permanen menambah pekerjaan ekstra untuk prosesor dan baterai ponsel.

4. Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Jika kamu merasa smartphone menjadi panas setelah mengaktifkan aplikasi tertentu, maka matikan aplikasi tersebut terlebih dahulu.

5. Matikan pengaturan yang tidak perlu

Pengguna biasanya sering membiarkan pengaturan GPS, Bluetooth, atau Wifi tetap menyala, bahkan saat tidak digunakan sekalipun. Dengan meematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan bisa membantu mengurangi panas berlebih dan menghemat baterai smartphone.

6. Selalu update aplikasi

Meng-update aplikasi pada dasarnya adalah nama lain untuk pengoptimalan. Semakin sering dioptimalkan suatu aplikasi, maka sumber daya yang digunakannya juga semakin dikit, dengan bergitu berarti semakin kecil kemungkinannya juga smartphone menjadi cepat panas.

7. Ganti kabel pengisi daya

Selain factor software atau yang terdapat di dalam smartphone,factor eksternal seperti  kabel pengisi daya. Jika kabel pengisi daya rusak namun tetap digunakan, maka kemungkinan panas dapat terkonsentrasi di sekitar port kabel, maka dari itu kamu harus menggantinya untuk keselamatan smartphone.

8. Hindari terkena sinar Matahari langsung

Jangan sesekali meninggalkan smartphone kamu di lokasi yang terpapar langsung oleh sinar Matahari. Karena hal ini sama saja dengan "memanggang" smartphone kamu.

 

TAG

HandphoneTips & TrikAndroid