Spesifikasi Smartphone Flagship Xiaomi Terbaik Mi 11 Ultra

Mi 11 Ultra (Image Credit : www.mi.co.id)
Mi 11 Ultra (Image Credit : www.mi.co.id)

BALUARTI.COM - Saat Xiaomi baru saja merilis smartphone terbarunya, Mi 11 Ultra secara global, timbul rasa pesimis jika handphone ini akan dijual di Indonesia. Pasalnya, harganya yang ditawarkan untuk smartphone ini terbilang sangat fantasitis, yakni 1.199 Euro atau sekitar Rp.20,4 juta. Bahkan ketika dinyatakan lolos TKDN, kami masih ragu jika perangkat ini akan dihadirkan di Tanah Air.

Karena bukan jaminan vendor untuk meluncurkan produk barunya meskipun telah mengantongi izin dari Kemenperin maupun Ditjen SDDPI Kominfo, mereka atau beberapa vendor yang mendaftarkan perangkatnya tidak jadi merilisnya.

Sebab, hal itu menjadi sebuah kejutan ketika Mi 11 Ultra akhirnya resmi dirilis Juni lalu. Xiaomi Indonesia menjual perangkat ini lebih murah dari pasar Eropa, harganya yang ditawarkan di Indonesia sendiri sekitar Rp.16.999.000.

Xiaomi Mi 11 Ultra menggunakan desain yang terlihat premium. Dimensinya bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S21 Ultra, namun dengan bobot yang sedikit lebih berat.

Xiaomi memasangkan panel AMOLED E4 10-bit buatan Samsung dengan perlindungan Gorilla Glass Victus pada Mi 11. Layarnya punya ukuran 6,81 inch dengan tepian layar melengkung dengan punch hole untuk kamera di bagian sudut kiri atas.

Resolusi yang dibawa Mi 11 yaitu 1440 x 3200 pixel dengan kecepatan refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 480 Hz, Mi 11 Ultra juga mendapat dukunganan HDR10+ dan Dolby Vision. Fitur Dolby Vision ini belum banyak tersedia di Smartphone Android pada umumnya, padahal saat ini telah banyak konten Dolby Vision yang tersedia di Netflix maupun Disney+ Hotstar. Dolby Vision ini dinilai mampu memanjakan mata karena gambar yang akan ditampilkan pada layar akan memiliki kontras, kecerahan, warna, dan detail yang sangat baik.

Selain itu, Xiaomi juga turut memberikan fitur AI Image Engine untuk meningkatkan kualitas layar. Salah satu fitur menariknya tersebut adalah Motion Estimation Motion Compensation (MEMC) yang memungkinkan memberikan frame video tambahan untuk menampilkan gambar yang lebih smooth dan transisi lebih hidup.

Modul kamera pada Mi 11 Ultra sangat mencuri perhatian Ketika kita melihatnya pertama kali. Kamera pada Mi 11 terlihat begitu besar dan membuat bodinya terlihat tebal.

Untuk bodi nya Mi 11 Ultra menggunakan rangka aluminium dengan bagian belakang kaca, dan pada bagian atas terdapat smartphone tersemat sensor IR Blaster dan speaker. Sisi kanannya bodi terdapat tombol pengaturan volume dan power, sementara bagian bawahnya menampung speaker, slot SIM Card dan port USB Type C. Tidak ada port jack audio 3,5 mm pada smartphone ini, namun Xiaomi memberikan converter dalam paket penjualannya.

Salah satu keunikan lainnya pada Mi 11 Ultra yakni pada layar kedua di bagian belakang. Ukurannya sebesar 1,1 inch dengan menggunakan panel AMOLED. Layar kecil pada bagian belakang Mi 11 Ultra ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi, tanggal, status baterai, dan jendela bidik untuk memudahkan selfie dengan menggunakan kamera belakang.

TAG

XiaomiSmartphoneAndroid