Tak Hanya Mobil, Tesla Juga Kembangkan Robot AI Humanoid Bernama Tesla Bot

Tesla Bot (Image Credit : Tesla.com)
Tesla Bot (Image Credit : Tesla.com)

BALUARTI.COM -Tesla baru saja mengumumkan bahwa mereka sedang membangun robot humanoid bernama Tesla Bot. CEO Tesla, Elon Musk mengungkapkan hal tersebut di acara Automaker's AI Day.

Robot humanoid ini dibuat untuk menjadi teman manusia yang ramah. Dan tak perlu khawatir, robot humanoid ini lebih lambat dan lemah daripada manusia, jadi tidak akan terjadi hal yang ditakutkan sebelumnya seperti pemberontakan robot humanoid.


Tesla Bot (Image Credit : Tesla)

Tesla Bot memiliki desain berbentuk manusia dengan warna hitam di bagian kepala hingga atas dada, dan warna putih hingga ke bawah.

"Kami juga pandai dalam hal sensor dan baterai, juga kami mungkin akan memiliki prototipe pada tahun depan yang terlihat seperti ini, Tesla Bot akan menjadi nyata," kata Musk.


Tesla Bot (Image Credit : Tesla)

Tesla Bot akan berjalan menggunakan sistem AI (Artificial Intelegence) atau kecerdasan buatan, tidak berbeda dengan teknologi Autopilot yang mereka kembangkan pada Mobil Tesla. Teknologi ini juga akan dirancang untuk melakukan berbagai tugas berbahaya dan reptitif bagi manusia, juga untuk menavigasi dunia kita tanpa harus diberi petunjuk atau arahan langkah demi langkah.

Elon Musk mengatakan, robot ini seharusnya bisa mengikuti perintah-perintah sederhana, seperti "Tolong ambil baut itu, dan pasang ke mobil dengan kunci pas itu." , selain itu juga bisa melakukan tugas-tugas kasar lainnya.

Musk menambahkan, robot tersebut akan mampu menangani beragam pekerjaan, mulai dari memasang baut ke mobil dengan kunci pas ataupun mengambil bahan makanan di toko. Selain itu, robot tesla juga kemungkinan akan beriimplikasi bagi perekonomian untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja.

Dalam acara Automaker’s AI Day, Tesla juga meluncurkan chip yang dirancang khusus untuk komputer berkecepatan tinggi, yakni Dojo. Chip tersebut akan membantu dalam mengembangkan sistem penggerak otomatis pada mobil Tesla. Dojo dikabarkan akan dioperasikan mulai tahun depan.

TAG

TeslaRobotArtificial Intelligence (AI)