Tampil beda, Samsung Merilis Laptop Dengan Prosesor Snapdragon

Laptop Samsung RTX 3050 (Image Credit : Samsung)
Laptop Samsung RTX 3050 (Image Credit : Samsung)

BALUARTI.COM - Samsung baru-baru ini merilis dua buah laptop Windows terbaru yang diketahui menjalankan prosesor berbasis ARM dari Qualcomm, yaitu pada Galaxy Book Go dan Galaxy Book Go 5G.

Galaxy Book Go sendiri merupakan laptop entry level yang dijual mulai dari US$ 349 atau sekitar Rp.5 juta. Galaxy Book Go menggunakan chipset Snapdragon 7c Gen 2 yang dirilis Qualcomm bulan lalu. Laptop ini hadir dengan opsi RAM 4GB atau 8GB, sementara storagenya menggunakan eUFS dengan opsi 64GB atau 128GB.

Layarnya berukuran 14 inch beresolusi 1080p. Galaxy Book Go memiliki ketebalan 14,9mm dengan bobot hanya 1,38kg saja.

Sementara varian lainnya yaitu Galaxy Book Go 5G menggunakan prosesor Qualcomm yang lebih bertenaga, yaitu Snapdragon 8cx Gen 2. Sesuai dengan namanya, laptop ini sudah didukung jaringan internet 5G, berbeda dengan Galaxy Book Go yang sebenarnya memiliki modem 4G LTE namun hanya menggunakan koneksi WiFi.

Keduanya memiliki beberapa spesifikasi yang sama, seperti satu port USB-A, dua buah port USB-C, headphone jack, webcam 720p, dan port microSD.

Meskipun telah diketahui spesifikasinya, namun Galaxy Book Go 5G belum diketahui harga dan tanggal perilisannya, sedangkan Galaxy Book Go diketahui seharga US$ 349 dan akan mulai dijual pada 10 Juni mendatang.

Sebagai informasi, Posesor Snapdragon 7c Generasi ke-2 ini baru dirilis pada akhir Mei lalu. Perubahan terbesar dari Snapdragon 7c Gen 2 dengan pendahulunya terletak pada peningkatan clock speednya, sebelumnya 2,4GHz menjadi 2,55GHz.

Kehadiran Snapdragon 7c ini diharapkan bisa mengajak lebih banyak vendor pembuat perangkat untuk menggunakan chip berbasis ARM tersebut. Pasalnya Snapdragon 7c generasi sebelumnya hanya dipakai di beberapa varian Chromebook saja.

"Snapdragon 7c Gen 2 ini menghadirkan inovasi terdepan dari portofolio komputasi kami terhadap perangkat entry-level dan perangkat dengan harga terjangkau pada generasi selanjutnya," kata Miguel Nunes, salah seorang Senior Director, Product Management Qualcomm.

TAG

SamsungLaptop