Tampilan UI Windows 11 Sudah Bisa Diakses Melalui Browser, Begini Caranya!

Windows 11 (Image Credit : www.microsoft.com)
Windows 11 (Image Credit : www.microsoft.com)

BALUARTI.COM - Pengguna PC yang menggunakan sistem operasi Windows mungkin sudah tidak sabar untuk segera mencoba OS terbaru dari Microsoft yaitu Windows 11.

Meskipun versi finalnya akan baru dirilis secara bertahap mulai akhir tahun 2021, namun pengguna umum sebenarnya sudah bisa mencoba OS terbaru ini dengan cara mendaftar dan mengunduh pembaruan Windows 11 versi preview pada Windows Insider Program.


UI Windows 11 (Image Credit : Blue Edge)

Namun, jika tak ingin repot-repot mengikuti program Insider dan mengunduh file instalasinya, sekarang pengguna juga bisa melihat dan mencoba secara langsung antarmuka Windows 11 melalui dengan melalui browser tanpa perlu men-download file apapun.

Sang pengembang Blue Edge membuat versi demo Windows 11 yang dapat diakses oleh semua pengguna melalui browser, yaitu "Win 11 in React". Untuk dapat mencobanya, pengguna hanya perlu mengunjungi URL https://win11.blueedge.me/

Saat dibuka, pengguna akan langsung masuk kedalam tampilan halaman web interaktif yang menyajikan antarmuka (UI) Windows 11, tampilannya pun sama persis dengan Windows 11 pada Insider.

Misalnya, terdapat taskbar dan menu Start yang letaknya sudah pindah ke sisi tengah, tata letak seperti ini mirip dengan antarmuka macOS. Meskipun telah bisa mengakses tampilan antarmuka Windows 11, namun sayangnya halaman ini hanya merupakan simulasi terbatas, pengguna tidak dapat mengakses seluruh fungsi dan fitur yang ada pada Windows 11 versi demo ini.

Meski demikian, pengguna tetap masih bisa mengklik ikon menu start. Kemudian melihat tampilan menu Start yang sudah berubah dari Windows sebelumnya, yang dimana kini tak lagi menyematkan fitur tiles untuk mengelompokkan aplikasi favorit pengguna ke dalam satu grup.

Di Windows 11, menu Start hanya akan berisi ikon "all apps" untuk melihat seluruh aplikasi yang terinstall di perangkat pengguna, beberapa aplikasi yang telah disematkan (pin), dan beberapa aplikasi yang direkomendasikan, serta ikon power.

Pengguna juga bisa mengakses dan melihat tampilan baru dari browser Microsoft Edge dan Microsoft Store. Uniknya, pengguna tetap bisa melakukan pencarian secara langsung seperti meakses browser seperti biasanya melalui Bing.com yang ada pada Microsoft Edge.

Selain itu, pengguna juga bisa mencoba beberapa aplikasi dan fitur lainnya seperti jendela Action Center, kalendar, kalkulator, dan jendela cuaca, waktu, serta berita terkini pilihan.

Meski hanya sebuah halaman simulasi terbatas, namun situs yang berisi demonstrasi Windows 11 itu bisa membantu menghilangkan rasa penasaran pengguna yang sudah tidak sabar ingin mencoba Windows 11 namun tidak ingin menginstall versi preview melalui Windows Insider Program.

TAG

MicrosoftWindowsWindows 11