TMSC Berencana Bangun Pabrik Chip Di Jepang Dengan Sony

Ilustrasi Logo Perusahaan TMSC & Sony (Image Credit : Nikkei Asia)
Ilustrasi Logo Perusahaan TMSC & Sony (Image Credit : Nikkei Asia)

BALUARTI.COM - Dua perusahaan raksasa, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dan Sony dikabarkan akan melakukan investasi bersama yang bernilai sekitar US $7 miliar untuk membangun pabrik chip baru di Jepang. Pabrik baru TSMC dengan Sony tersebut diperkirakan akan memulai operasi pada tahun 2024.

Mengutip The Nikkei, kedua perusahaan tersebut dilaporkan sedang mempertimbangkan mendirikan pabrik chip di Prefektur Kumamoto yang akan difokuskan pada pembuatan semikonduktor untuk sensor gambar kamera, mobil, dan produk lainnya.


Pabrik Sony (Image Credit : Sony)

Sebagai bagian dari pengaturan bersama, Sony kemungkinan akan mengambil saham minoritas di perusahaan baru yang akan mengawasi operasi fasilitas, dan diketahui langkah tersebut juga sudah mendapat dukungan dari pemerintah Jepang.

Proyek ini juga akan menghasilkan pabrik chip pertama TSMC di Jepang, perusahaan tersebut sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang meninjau rencana pemindahan tersebut.

Masih belum diketahui secara pasti apakah langkah tersebut terkait dengan kerja TSMC, dan lebih dari 20 perusahaan yang berbasis di Jepang dalam mengembangkan teknologi pembuatan chip.

TSMC juga akan memfokuskan upaya dalam menciptakan anak perusahaannya di AS, dan dilaporkan juga akan mendirikan pabrik chip di Jerman dalam upaya untuk memenuhi permintaan yang meningkat di berbagai industri. Masalah berkurangnya pasokan chip global saat ini memang berdampak pada produksi di banyak sektor dan perusahaan.

Selain Jerman dan AS, TSMC juga dilaporkan akan memperluas salah satu pabriknya yang ada di Nanjing, Tiongkok untuk tetap memasok prosesor dengan lebih baik kepada perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat seperti Apple yang merupakan pelanggan dari TSMC yang diperkirakan akan menggunakan prosesor canggih untuk iPhone di generasi mendatang. Menurunnya pasokan chip saat ini membuat kinerja TSMC melonjak tajam. Perusahaan melaporkan peningkatan pendapatan hingga 20% pada Kuartal-II 2021. 

TAG

SonyChipsetTMSC