Zhurong, Kapal Penjelajah Milik China Berhasil Mendarat Di Mars

Zhurong Kapal Milik China (Image Credit : SCMP)
Zhurong Kapal Milik China (Image Credit : SCMP)

BALUARTI.COM - Zhurong, yang merupakan kapal penjelajah milik China telah berhasil mendarat di Mars pada tanggal 15 Mei 2021 pagi hari. Hal ini merupakan keberhasilan China dalam untuk ambisi luar angkasa Beijing dan telah menjadi prestasi bersejarah baru bagi China untuk misi perjalanan Mars pertamanya.

Selain China, Amerika Serikat hingga Uni Emirat Arab juga telah mengirimkan banyak kapal penjelajah mereka ke Mars. Namun, mereka lebih sering mengalami kegagalan untuk mendarat dengan aman.

Nama Zhurong diambil dari nama dewa api yang berasal dari mitologi China kuno. Selain Zhurong ada beberapa kapal penjelajah lainnya pernah berhasil mendarat di Mars. Salah satunya adalah Perseverance yang meerupakan kapal penjelajah milik NASA. Perseverance berhasil mendarat di Mars pada awal tahun 2021. Perseverance menjadi kapal penjelajah urutan kelima yang telah berhasil mendarat di Mars sejak tahun 1997.

Perseverance memiliki misi untuk menyelidiki dan berburu tanda-tanda kehidupan pada mikroba kuno di Mars. Kapal penjelajah itu berukuran seperti SUV kecil, bobotnya sekitar  satu metrik ton, dan memiliki 19 kamera dengan dua mikrofon. Perseverance pada saat itu diharapkan bisa menjadi yang pertama merekam suara di Mars.

Selanjutnya ada Hope milik negara Arab yang berhasil masuk ke orbit Mars pada Februari lalu setelah kpal penjelajah tersebut diluncurkan pada Juli 2020.

Hope dirancang dengan tujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer Mars dan iklimnya yang berubah-ubah dari seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya, berasal dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Rusia ExoMars yang bekerja sama untuk meluncurkan Schiaparelli. Namun gagal pada oktober 2016 silam.

HNamun, hal tersebut tidak membuat mereka putus ada untuk melakukan penjelajahan baru, kini mereka menciptakan Rosalind Franklin, yang berenana akan diluncurkan pada tahun 2022.

Beberapa kapal penjelajah Mars milik NASA lainnya adalah Curiosity dan Opportunity.

Curiosity tetap aktif beroperasi pada permukaan Mars setelah mendarat pada 2012 silam dengan misi mempelajari geologi Mars dan sejarah lingkungannya.

Sedangkan Opportunity melakukan penjelajahan Mars terlama sejak 2004 hingga 2018. Opportunity dan kembarannya Spirit, berhasil menemukan bahwa terdapat air di permukaan Mars yang gersang.

Uni Soviet juga tak mau ketinggalan, mereka pernah meluncurkan kapal penjelajahnya ke Mars sekitar tahun 1960-1971 silam. Mereka memiliki Mars 2 dan 3 yang berhasil mendarat di Planet Merah itu pada  bulan November dan Desember 1971.

Kedua pesawat ruang angkasa itu berhasil mengirim gambar, pembacaan suhu, dan informasi tentang gravitasiplanet Mars, juga medan magnet.

TAG

China